Kekeringan Terus Melanda Sepanjang Tahun, Yuk Bersama Patungan Bangun Sumur Wakaf untuk Atasi Kekeringan

Bangun SUMUR WAKAF Bersama Komunitas

Update : 15 Oct, 2020

Setiap memasuki musim kemarau, ratusan Dusun di Gunungkidul mengalami kesulitan air. Selain untuk konsumsi sehari-hari, akses air bersih juga sulit didapatkan untuk keperluan sanitasi, cuci tangan, dan berwudhu.

Salah satunya adalah Kapanewon atau Kecamatan Gedangsari yang merupakan satu dari 18 kecamatan di wilayah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kapanewon ini termasuk ke dalam kecamatan termiskin di Gunungkidul, dengan mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sebagai petani.

008dd571bbb23c2deccaebdf729e6a73.jpg

Sehari-hari warga setempat hanya mengandalkan air tadah hujan. Parahnya jika musim kemarau, lahan pertanian pasti mengalami puso (gagal panen) seperti yang terjadi pada musim kemarau tahun 2019 lalu. Topografi wilayahnya yang berupa dataran tinggi dan berbatu membuat air sulit didapatkan walaupun tidak dalam kondisi kemarau sekalipun.

Kekeringan tidak hanya berdampak pada hasil panen, tapi juga pada tumbuh kembang anak. Kekurangan air bersih menjadi penyebab balita mengalami stunting.

Hingga saat ini lebih dari 129 ribu jiwa di Gunungkidul dilanda krisis air bersih! Untuk keperluan sehari-hari warga di Gunungkidul terpaksa harus membeli air dari truk tangki swasta yang harganya mencapai ratusan ribu, atau mengandalkan air hujan yang ditampung di tandon PAH (Penampungan Air Hujan).

f632f20997b60b28b2fbaecea22692b3.jpg

Insyallah, hasil dari penggalangan ini akan digunakan untuk membangun Sumur Wakaf di wilayah kekeringan Gunungkidul, baik untuk Masjid, Pesantren, Sekolah serta pemukiman warga yang tengah mengalami kesulitan air bersih.

40fc6a3ebdc9a925be6c19372f3db390.jpg

Yuk jadi bagian mengentaskan kekurangan air bersih di Gunungkidul dengan bangun sumur wakaf, klik DONASI SEKARANG.

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan

ACT Yogyakarta

Created 15 Oct, 2020 Yogyakarta Wakaf

Rp 3,095,249 Terkumpul